Jumat, 25 Maret 2011

Definisi Kekayaan

Menurut Robert T. Kiyosaki dalam bukunya "Cashflow Quadrant", kekayaan adalah jumlah hari dimana Anda bisa bertahan tanpa bekerja secara fisik (atau tanpa siapapun dalam keluarga Anda bekerja secara fisik) dan tetap mempertahankan tingkat kehidupan Anda.

Sebagai contoh, jika pengeluaran bulanan Anda adalah $ 1.000 perbulan, dan jika Anda mempunyai tabungan sebesar $ 3.000 maka kekayaan Anda adalah sekitar 3 bulan atau 90 hari. Kekayaan diukur dalam waktu, bukan dolar (jumlah uang). Orang dikatakan kaya jika penghasilan dari investasinya lebih besar daripada pengeluaran bulanannya.


Jadi, yang penting bukanlah berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tetapi berapa banyak uang yang Anda simpan dan berapa lama uang itu bekerja untuk Anda. Banyak orang yang menghasilkan banyak uang, tapi semua uang mereka masuk kedalam kolom pengeluaran. Setiap kali memperoleh tambahan sedikit uang, mereka pergi berbelanja. Mereka membeli rumah atau mobil baru, yang menimbulkan utang jangka panjang atau lebih banyak kerja keras. Uang mengalir keluar begitu cepat dan tak ada yang disisakan untuk dimasukkan kedalam kolom aset.

Keuangan "Garis Merah"

Dalam dunia mobil ada pepatah tentang "menjalankan mesin sebatas garis merah". Garis merah berarti pedal gas ditekan sedemikian rupa sehingga perputaran mesin mobil berada sedekat mungkin dengan garis merah, atau kecepatan maksimum yang bisa dipertahankan mesin mobil tanpa meledak.

Dalam hal keuangan pribadi, ada banyak orang, kaya dan miskin, yang terus menerus beroperasi pada "garis merah" keuangan. Tak peduli berapa banyak pun uang yang dihasilkan, mereka membelanjakannya secepat uang itu datang. Masalahnya, jika Anda mengoperasikan mesin mobil di garis merah, rentang hidup mesin itu jadi lebih pendek. Hal yang sama berlaku dengan mengoperasikan keuangan Anda di "garis merah".

Beberapa dokter medis mengatakan bahwa masalah utama yang mereka lihat pada zaman sekarang adalah stres yang disebabkan bekerja keras dan tidak pernah mempunyai uang cukup. Ada yang mengatakan bahwa penyebab utama gangguan kesehatan adalah sesuatu yang ia sebut sebagai "kanker dompet" (atau kanker = kantong kering).

Uang Menghasilkan Uang

Tak peduli berapa banyak uang yang dihasilkan orang, pada akhirnya mereka harus memasukkan sejumlah tertentu ke dalam kuadran "I" (Investor). Kuadran ini secara khusus menangani gagasan uang menghasilkan uang. Atau gagasan bahwa uang Anda bekerja sehingga Anda tidak perlu bekerja.***

Sumber: Robert T. Kiyosaki, 2005, The Cashflow Quadrant, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 48-49.

Tidak ada komentar: